Sabtu, 10 Maret 2012

SEARCH ENGINE

SEARCH ENGINE
Hy, posting saya kali ini mengenai beberapa kekurangan, kelebihan serach engine, semoga bermanfaat bagi kita semua., :)
Selamat membaca., !!

Mesin pencari atau search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.

Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka.




KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SERTA CARA MENGAKSES SEARCH ENGINE

A.Google

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.

Kelebihan:
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.

Kekurangan :
1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
2. Filter pencariannya terkadang langsung menuju hal yang private seperti Database, dan kadang kita mendengar google hacking, yaitu mencari data-data privacy.


Cara Mengaksesnya :
Cara mengakses search engine Google adalah dengan cara mengetik http://www.google.com pada address bar. Apabila anda berada pada http://www.google.co.id anda dapat menambahkan ncr agar beralih ke Google.com.

Tampilan Search Engine :






B. Yahoo!
Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc. yang dirintis oleh oleh David Filo dan Jerry Yang.

Kelebihan:
1. Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
2. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
3. Fiturnyanya yang komplit.
4. Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.

Kekurangan:
1. Loadingnya membutuhkan waktu yang lama.
2. Tampilan terlalu maximalis.
Cara Mengaksesnya:
Untuk menjelajahi halaman search engine Yahoo! Kalian perlu mengetik http://.www.yahoo.com/ pada address bar. Tunggu hingga keluar tampilan sepeti gambar di bawah ini.



Tampilan Search Engine Yahoo!:









C. Live Search

Pengembangan yang terus dilakukan oleh Microsoft menghasilkan keputusan untuk memisahkan mesin pencari dengan Windows Live. Pada akhirnya Microsoft mengubah nama mesin pencarinya menjadi Live Search, yang kemudian dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter. Reorganisasi yang dilakukan ini, menimbulkan banyak perubahan dalam kebijakan, misalnya menghentikan beberapa produk seperti Windows Live Expo, Live Search Macros, dan sebagainya. Perubahan yang terus dilakukan Microsoft ini ternyata belum membuahkan hasil. Microsoft menyadari bahwa penggunaan brand name untuk produk mesin pencari sangatlah penting. Akhirnya untuk menciptakan indentitas baru, Microsoft menghadirkan suatu mesin pencari baru pada tanggal 3 Juni 2009, yang diberi nama Bing, kepada seluruh pengguna Internet di dunia.

Kelebihan :
1. Memiliki latar belakang kreatif.
2. Memilikiki fasilitas Smart Video Preview, Instant answer, dan Related Searches.

Kekurangan :
1. Search Engini ini kurang diminati oleh pengguna internet.

Cara mengaksesnya:
Untuk mengakses search engine Live Search dapat dilakukan dengan mengetik www.livesearch.com pada address bar hingga keluar tampilan gambar seperti dibawah ini.



Tampilan Search Engine Live Search:















D. WebCrawler

WebCrawler Akses ke WebCrawler secara relatif lebih cepat karena tampilannya yang sederhana, tidak seperti peranti pencari lainnya yang penuh dengan gambar animasi dan iklan-iklan perusahaan. Web crawler adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajah serta mengumpulkan halaman- halaman web yang selanjutnya diindeks oleh mesin pencari (Gatial E,2005). Desain sebuah web crawler harus dapat memenuhi berbagai tujuan yang kadang saling berbenturan, seperti kualitas halaman yang diambil, penyebaran dan pengurangan beban jaringan, kecepatan pengambilan, serta pada saat yang bersamaan tidak membebani server situs yang dikunjungi. Web crawler juga sering dikenal dengan nama web spider atau web robot, yaitu salah satu komponen penting dalam arsitektur sebuah mesin pencari modern. Fungsi utama web crawler adalah untuk melakukan penjelajahan dan pengambilan halaman-halaman web yang ada di internet. Hasil pengumpulan situs web selanjutnya akan diindeks oleh mesin pencari sehingga mempermudah pencarian informasi di internet.




 Web crawler memulai kerjanya dengan mengunjungi situs yang sebelumnya alamat situs tersebut sudah diidentifikasikan di dalam sebuah database penyimpanan alamat atau yang disebut dengan seeds atau frontier url. Dalam kerjanya, web crawler melakukan proses validasi terhadap HTML code dan tautan yang ditemukan pada situs yang dikunjungi. Setelah melakukan validasi, halaman web dan tautan tersebut didownload kemudian diparsing ke dalam tempat penyimpanan utama. Data yang dibawa oleh web crawler secara sederhana hanya berupa text dan metadata. Sedangkan data tautan yang ditemukan pada halaman web yang dikunjungi akan ditempatkan pada seeds (tempat penyimpanan data URL) masuk ke dalam antrian kunjungan selanjutnya web crawler. Secara simultan web crawler mengunjungi situs-situs yang alamatnya terdapat di dalam antrian sampai data URL habis atau dihentikan oleh administrator.

Cara kerja sebuh mesin pencari dalam memperoleh informasi produk dari situs pedagang dibagi menjadi dua:
1. Menggunakan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Namun sulit untuk membangun sebuah mesin perbandingan belanja cara ini, karena informasi dan format situs pedagang sangat bervariasi. Deskripsi produk dan bahkan judul produk dapat bervariasi antara website pedagang, sehingga bisa sulit untuk mesin belanja untuk dapat membandingkan produk yang identik. Selain itu, setiap kali pedagang perubahan format situs web, crawler dapat berhenti bekerja dengan baik. Tentu saja, crawler perlu terus mengunjungi situs pedagang untuk menjamin informasi yang up to date.
2. Data feed" dari situs pedagang. Data feed adalah pada dasarnya khusus data file yang pedagang mempersiapkan dan membuat tersedia untuk mesin belanja. Keuntungan menggunakan data feed adalah, semua informasi yang disediakan dalam format yang bagus yang mudah untuk mesin belanja untuk memahami dan menganalisa. Ini jauh lebih mudah, lebih cepat dan lebih handal untuk mesin belanja untuk mendapatkan informasi dari feed data daripada dengan mencoba menggunakan web crawler.
Sistem kinerja mesin ini ada beberapa hal yang perlu di perhatikan terutama keterkaitannya dengan masalah arsitekrut dan mekanismenya.

Kelebihan:
1. Search engine ini mampu mengumpulkan semua informasi yang ada di dalam halaman Web.
2. Kemampuan WebCrawler yang dapat mengikuti setiap perkembangan zaman teknologi web.

Kekurangan:
1. Search engine ini kurang popular dibandingkan dengan search engine lainnya seperti Google.
2. Kurang diminati oleh pengguna internet.
Cara mengaksesnya:
Untuk menuju search engine WebCrawler carana dengan mengetik http://www.webcrawler.com/ pada address bar. Hingga keluar tampilan seperti gamber dibawah ini.

Tampilan search engine WebCrawler :
















E. Looksmart
Looksmart bukanlah search engine, tapi mempunyai pengaruh besar juga dalam pencarian data di internet. Directori ini berbagi database yang sudah dibuatkan kategorinya berupa link dengan MSN, Home.net, CNN, dan Time Warner. Situs ini merupakan yang termasuk berbayar, untuk itu jika anda mempunyai uang,daftarkan juga ke sini.


Kelebihan :
1. Anda dapat menemukan informasi perusahaan pada situs ini. Karena memiliki kurang lebih 800.000 situs pendaftar.
2. Dan sangat bagus untuk menembus atau menerobos bangsa pasar.

Kekurangan:
1. Search engine memiliki pencarian yang terbatas.
2. Kurang diminati oleh para pengguna internet.

Cara Mengaksesnya:
Untuk menjelajah search engine Looksmart dapat dilakukan dengan cara mengetik Submit URL : http://www.looksmart.com/ di address bar.


Tampilan Search Engine:




F. MSN
Microsoft Network atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft. Diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows 95, Windows 98, Windows 2000,Windows XP dan Windows Vista. MSN Mesin pencari ini merupakan mesin pencari pertama yang diciptakan oleh Microsoft dan diluncurkan pertama kali tahun 1998. MSN Search terdiri dari mesin, indeks, dan web crawler. Sejak diluncurkan, mesin pencari ini terus berkembang dan mengalami penyempurnaan. Pada November 2004, Microsoft melakukan upgrade terhadap mesin pencari ini dengan bekerja sama dengan Picsearch khusus untuk menampilkan hasil pencarian gambar. MSN merupakan layanan yang hasilnya dikelola oleh Looksmart. Submit URL : http://www.msn.com/

Kelebihan :
1. Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.

Kekurangan :
1. Pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2. Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
Cara Mengaksesnya:
Untuk mengakses search engine MSN dapat dilakukan dengan mengetik http://www.msn.com/ pada address bar hingga keluar tampilan seperti gambar di bawah ini.

Tampilan Search Engine:



















G. Wisenut
Wisenut.com awal maret 2002 menyatakan banyaknya situs yang ditampung oleh database sekitar 579 juta buah. Wisenut.com, sebagaimana layaknya sebuah search engine generasi terbaru, bebas dari banner iklan dan aneka image yang memberatkan. Tampilannya yang sederhana mempercepat pengaksessan halaman depan dan proses penampilan yang dicari. Wisenut.com mampu mencari informasi kekonten dengan 25 bahasa dunia yang berbeda, tetepi tidak ada bahasa Indonesia.Encoding language Wisenut.com juga mampu beralih ke 21 kode bahasa. Wisenut.com dilengkapi pula dengan fasilitas WiseWatch, yang fungsinya untuk melakukan pemfilteran konten-konten pornografi. Search engine menyediakan pula form isian bagi orang yang ingin mencantumkan situsnya ke dalam database.
Kelebihan :
1. Tampilannya yang sederhana mempercepat pengaksessan halaman depan dan proses penampilan yang dicari.
2. Wisenut.com mampu mencari informasi kekonten dengan 25 bahasa dunia yang berbeda.
3. Wisenut.com dilengkapi pula dengan fasilitas WiseWatch, yang fungsinya untuk melakukan pemfilteran konten-konten pornografi.
4. Search engine menyediakan pula form isian bagi orang yang ingin mencantumkan situsnya ke dalam database. 

Kekurangan:
1. Wisenut.com mampu mencari informasi kekonten dengan 25 bahasa dunia yang berbeda, tetepi tidak ada bahasa Indonesia.

Cara mengaksesnya:
Untuk menjelajahi search engine WiseNut dapat dilakukan dengan cara mengetik http://www.wisenut.com/ pada address bar hingga keluar tampilan seperti dibawah ini.


Tampilan Search Engine WebCrawler:















Oleh   :
Nama : Luh Rai Maduretno Asvinigita
NO     : 22
Kelas : IX B

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar